Kukejar Mimpi dengan Menulis

Resume 1
Kegiatan Belajar Menulis
Senin, 3 Agustus 2020

       Melalui kuliah online pada tanggal 3 Agustus 2020, Ibu Sri Sugiastuti yang biasa disapa Ibu Kanjeng memaparkan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi penulis. Meneladani sosok Ibu Kanjeng yang mulai menerbitkan bukunya pada awal tahun 2009, beliau memilihi hobi menulis sejak di bangku Sekolah Dasar. Menulisan-tulisannya terdiri dari buku kenangan, puisi, dan lirik lagu lirik, melanjutkan ke sekolah Menengah Pertama terdiri dari surat menyurat, mengumpulkan prangko, dan uang kuno. Begitupun di bangku sekolah Menengah Atas Ibu Kanjeng tetap menulis sampai menjadi PNS dan studinya di S2.
        Tips-tips menulis yang dipaparkan Ibu Kanjeng di meminta:
1. Banyak membaca
    Melalui membaca penulis akan mendapatkan ide atau persetujuan. Jenis bacaan yang dibaca tergantung minat dan selera penulis.
2. Mencoba menulis
    Meskipun tidak memiliki ide untuk dituliskan, tetaplah menulis apa yang diterima sesuai isi hati.
3. mengirimkankan tulisan
    Tulisan dapat dikirim ke media cetak atau sudah ada buku dapat dikirim ke penerbit yang ada.
4. Teruslah menulis
     Teruslah mengembangkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk terus berupaya. Tulisan tulisan yang dimiliki. 
        Ibu Kanjeng juga membagikan tips tips yang lain agar dapat menjadi seorang penulis yang sukses. Di antaranya tips untuk disiplin menulis, tips memilih judul yang menarik, tips mencari ide, tips menulis cepat, tips memenangkan perlombaan menulis, tips menulis buku, tips dan cara mengirimkan tulisan ke media masa, tips membuat pembaca penasaran, mamjaat mengikuti event-event menulis, hal hal yang dipertimbangkan penerbit dalam menerima naskah, tips watu yang tepat untuk menulis, tips menjadi penulis, tips penulis setelah buku diterbitkan, tips untuk menjadi penulisyang sukses.
        Demikianlah pertemuan pertama dengan Ibu Kanjeng melalui grup WA bersama Om Jay, PGRI, dan Penerbit Andi. Pada akhirnya perkuliahan, dengan tenang tapi tegas ... JANGAN LELAH UNTUK BERPROSES. Itulah yang diucapkan Ibu Kanjeng demi menyemangati peserta-peserta kuliah. Awali dengan membuat blog, menulis di blog, terus menulis antologi untuk membuat buku, terus melanjutkan ke membeli buku solo. 
        Aku mengejar mimpi-mimpiku melalui goresan-goresan penaku. sesuai arahan dan bimbingan Ibu Kanjeng, jangan lelah untuk berproses. Ini awal dari segalanya, semua yang akan disampaikan menuju sukses sebagai penulis. Bismillahitawakkaltu ....    


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis