CLBK Berakhir Melahirkan Buku

Resume                : 4 
Hari dan Tanggal : Senin, 10 Agustus 2020 
Materi                  : Berbagi Pengalaman Menulis dan Menerbitkan Buku 
Pemateri              : Bpk. Yulius Roma Patandean, S.Pd. 


          Seorang guru Bahasa Inggris di UPT SMA Negeri 2 Tana Toraja, Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd. yang biasa disapa dengan Pak Roma, telah berbagi pengalamannya dalam menulis buku. Segudang prestasi telah diraihnya, dan aktivitas sebagai juri, dosen, dan tutor telah dialaminya. Berawal dari sebuah tantangan pada pelatihan menulis satu minggu. Pak Roma diberi tantangan menulis buku dalam waktu satu minggu oleh Prof. Eko. Tawaranpun diterima dengan memilih judul DIGITAL TRANSFORMATION, Berubah untuk Menguasai Dunia. Selama satu minggu, Pak Roma dengan gigihnya menulis buku agar cepat selesai. Semangatnya tidak jauh berbedari dari Cikgu Tere.
      Ketika diumumkan oleh Penerbit Andi, Bahwa naskahnya lolos untuk diterbitkan. Begitu terharunya Pak Roma, seketika itu langsung menangis. Diteleponlah Prof. Eko untuk menyampaikan rasa sukanya dan berterima kasih.
        Pada akhirnya dengan belajar dari pengalaman atau CLBK (Coba, Lakukan, Budayakan, dan Konsisten), tulisan buku tersebut selesai juga. Frase CLBK yang sederhana, namun sangat mengikat. Seperti kata Omjay, "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi". 
         Alarm dari Pak Roma, "Tuailah hasil selama masih sanggup". Hal ini dilaksanakan dengan CLBK, yaitu:
1. Coba, tak akan ada usaha yang berhasil tanpa mencobanya dahulu. Demikian juga menulis, harus            dicoba terus.
2.  Lakukan, setelah mencoba kita akan menemukan rasa dan keunikan tulisan kita. Dengan demikian         kita akan harus terus melakukan menulis agar ide kita tidak mengendap seiring berjalannya waktu. 
3. Budayakan, menulis harus menjadi budaya kita menjadi bagian dari cara hidup kita yang tak                  terpisahkan dari kehidupan kita. Budayakan menulis sehingga menjadi panggilan beraktivitas setiap      hari.  
4. Konsisten, tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam                 menulis  adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yaitu menghasilkan sebuah karya tulisan        yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang.
        Pak Roma yang semula bercita-cita ingin menjadi seorang wartawan yang meliput pertandingan sepak bola, berpesan: " Jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya". Dia khir materi, Pak Roma menyatakan bahwa menulis adalah proses kehadiran kita untuk membawa kabar baik tentang ilmu kehidupan. Apapun yang kita tulis pasti ada hubungannya dengan proses hidup kita.

Salam Literasi...CLBK.... 
        
    


          

Comments

  1. singkat, padat, jelas ... semangat terus mbak... singgah juga ke blogsaya ya mbak..

    ReplyDelete
  2. Simpel ...salam literasi

    Monggo bila berkenan mampir ke blog saya

    http://nurhidayati2010.com/273/

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, ...resumnya bagus, singkat padat...terus semangat lanjut Bu

    ReplyDelete
  4. Seksi: singkat padat, elok, menarik sekali

    ReplyDelete
  5. Wow kok bisa ya CLBK berakhir hingga melahirkan..
    Judulnya mengesankan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis