Belajar Menulis Buku Bersama Cikgu

Resume 3 
Jumat, 7 Agustus 2020 
Materi : Berbagi pengalaman menerbitkan buku di Penerbit Mayor 

         Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD., yang biasa disapa Cikgu There. Beliau adalah seorang penulis yang hebat, seorang guru yang mumpuni, dan juga seorang wanita yang beretos kerja tinggi. Pada kesempatan kuliah online yang ketiga, beliau banyak membagikan pengalamannya dalam menulis. 
        Materi yang dipaparkan yaitu berbagi pengalaman menulis dan menerbitkan buku di Penerbit Mayor. Demi memikat peserta kuliah, Cikgu menjanjikan surprise di akhir materi. Pengalamannya dalam menulis dan menerbitkan buku sesungguhnya diawali ketika Cekgu bertemu dengan Prof. Eko dalam belajar menulis omline bersama Omjay. Saat itu Cikgu diberi tantangan untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Cikgu segera merespon, siapa takut. Dengan semangat yang berkobar-kobar Cikgu memilih salah satu judul yang ditawarkan oleh Prof. Eko. Ubiquitous Learning, judul yang menjadi pilihannya.
        Semangat Cikgu semakin berkobar ketika outline dan judul bukunya Belajar Semudah Klik, Membangun Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka Belajar, yang didaftarkan langsung diterima Prof. Eko, yang hanya ditambahkan kata Ekosistem. Akhirnya judul disepakati Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka Belajar, dan Prof. Eko menawarkan diri sebagai penulis kedua.
            Halaman demi halaman, bab demi bab telah ditulisnya. Setelah diformat sesuai tamplate yang diberikan oleh penerbit, ternyata baru berjumlah 60 halaman dari 100 halaman seperti yang disyaratkan.Walaupun stres menjalaninya karena dikejar waktu, berkat keuletan, ketabahan, dan ketekunan Cikgu, tulisan dalam bentuk buku yang diimpikan akhirnya selesai juga. Buku yang berjumlah tujuh bab dan lebih dari 100 halaman telah memenuhi syarat yang diberikan oleh penerbit.
            Buku yang telah diselesaikan Cikgu, dikirimkan kepada Prof. Eko sebelum tanggal 4 April 2020 untuk dipaparkan secara virtual bersama Penerbit Andi. Pada tanggal 3 Juli 2020 Cikgu menerima kiriman proof buku yang akan diterbitkan dengan lampiran Surat Perjanjian Penerbitan dari Penerbit Mayor. Sungguh sesuatu yang amat sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nanti. 
            Pengalaman menulis dan menerbitkan buku Cikgu yang menginspirasi peserta kuliah online untuk selalu bersemangat dalam menulis. Semoga saya dapat mengikuti semangat empat lima yang dimiliki Cikgu, walaupun usia saya jauh lebih senior. Namun bagi saya usia tidak menjadi kendala, bahkan yang senior pada suatu saat akan berkiprah sejajar dengan junior-junior yang ada. 
            Mengambil tips dan trik dari seorang Cikgu:
1. Jauhkan HP (kecuali sangat dibutuhkan) ketika sedang menulis
2. Menulislah dahulu, baru diedit
3. Bekerjasamalah dengan orang terdekat di rumah.

BISA MENULIS MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT MAYOR
SELAMAT MENULIS!!! 

Comments

  1. Semoga saya dapat mengikuti semangat empat lima yang dimiliki Cikgu, walaupun usia saya jauh lebih senior.
    Tua ya, Bu.
    Tidak ada yang menghalangi kemauan menulis. Yang sulit adalah membangkitkan kemauan.

    ReplyDelete
  2. Luar biasa resumenya. Betul, usia bukanlah penghalang. Yg penting adl semangat utk menebar kebaikan melalui sebuah tulisan.

    ReplyDelete
  3. Saya juga terkagum dengan kalimat kalimat nya

    ReplyDelete
  4. simple tapi bagus isinya ....mantul bunda. monggo barang x mau berkunjung ke blog saya

    http://nurhidayati2010.com/?p=187

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis