Lego Berbuah Tulisan

 


Resume Ke-                : 16

Hari dan Tanggal        : Senin, 7 September 2020

Materi                            : Ide dalam Menulis

Pemateri                      : Bp. Agus Sampurno

Menulis adalah cara anda untuk merencanakan sesuatu. Idenya bisa apa saja. Dari pengalaman sendiri ataupun orang lain. Dengan demikian rasa ketertarikan untyk menulis akan ada terus. Bagian dari sebuah rangkaian minat yang besar

 


Tulisan diibaratkan sebuah lego. Tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika kita terus berusaha menggabungkannya. Menulis adalah bagian dari sebuag rangkaian minat yang besar. Jika anda adalah ... maka anda mesti menulis.

1.      Seseorang yang punya hobi uang unik. Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu kita menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat ditemukan di kehidupan nyata.

2.      Think-for-Yourself Academic(seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu). Seorang dengan minat jenis ini bisa-bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat perspesialisasi dan seringkali menentang ide-idebaru. Di internet kita tidak memerlukan izin dari peer reviewe (otoritas keilmuawan) sebelum kita nmenerbitkan pekerjaan kita.

3.      Pengusaha muda atau pebisnis baru. Kita sedang bergerak ke dunia produk yang memprioritaskan pembeli  atau audiens. Sebelum internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang mereka membangun audiens sebelum produk. Lebih mudah memulai bisnis saat kita memiliki audiens.

4.      Karyawan yang diremehkan (jika Anda adalah orang yang merasa tempat kerja Anda tidak bisa menerima ide segar dan baru). Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda  tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, anda dapat membuktikan diri dengan menulis online.

5.      The Deep Thinker (kaum pemikir). Menulis online akan mmpertajam pemikiran Anda. Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata dihalaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang. Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.

6.      Orang dengan ide dan pemikiran unik (hampir mirip dengan nomor 1). Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu dengan orang yang berpikiran sama.  Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka. Tidak lagi kesepian intelektual.

7.      The Job Hunter (si Pencari kerja atau order)

Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV apapun. Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan yang menarik perhatian perusahaan terbaik. Alih-alih menghubungi perekrut, mereka akan menghubungi Anda. Dengan menulis online Anda dapat mendemonstrasikan kompetensi Anda dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik Anda.

Belajar Menulis dari Sepotong Ide    




Dari piramida di atas kita dapat:

1.      Menentukan satu ide pokok tulisan

2.      Terus turun ke bawah tambahkan data atau informasi pendukung

3.      Dengan demikian total ada 6 ide yang Anda buat   


Gunakan post ini untuk menulis ide Anda.

Menjawab pertanyaan

Dimulai pada saat merasa kebosanan dalam mengajar dan menjadi guru. Beliau sangat terkendala dengan manajemen kelas saat beliau melakukan riset di internet mengenai masalah beliau. Kemudian dituliskannya dalam blog.  Masalah yang dialami ditambah hasil riset yang sudah dipraktekkan menjadi ide segar bagi yang membacanya. Hal ini dilakukan berali-kali di blog dengan judul yang berbeda-beda.

Bagaimana cara erangkai tulisan menjadi buku, yang referensinya terdiri dari beberapa sumber? Hal ini harus memiliki ide besa yang kemudian dicarikan turunan atau detailnya. Ide ---- pokok pikiran---- judul bab --- judul tulisan ----detail infonrmasi pendukung judul. Jadilah sebuah buku.

Kriteria blog agar banyak yang mengunjungi yang terpenting adalah tulisan yang terus menerus dikembangkan dan berawal dari sebuah ide pokok yang sederhana.

Sebagai penutup, ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan. Yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Dalam menulis banyak hal bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan.

Sekarang yang sedang trending topic adalah mengenai pembelajaran jarak jauh. Menyikapi situasi ini ada beberapa yang bisa membuat seseorang menulis karena beberapa perspektif, yaitu:

1.      Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses. Ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online. Dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa bahwa pendidik di luar sana masih banyak berjuang mengatasi kendala.

2.      Persepektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.

3.      Perseptif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. Ia berperan membrikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru.

Orang lebih senang mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya. Hal ini sering dilakukan bagi penulis pemula karena belajar menulis ide berdasar diri sendiri. Dimulai dari yang mudah, yang bisa, yang dialami. Ketika ingin menulis, namun judul ditemukan sudah tertuang oleh orang lain. Maka cara menyikapi hal ini adalah mencermati tulisan orang lain lalu ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Cara terbaik memberikan ‘roh’ pada tulisan adalah sebagai penulis. Kita sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Buku yang tebalpun hanya ada satu tema.  



Intinya guru perlu meningkatkan diri dan melakukan yang namanya ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Kesimpulan

1.      Berbagilah hal yang anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli, bahkan Anda bisa berbagi proses yang sedang Anda jalankan.

2.      Jika terus menerus menekuni hal yang sama itu akan menjadi brand atau reputasi Anda.

Salam Literasi

Ayo Terus Menulis

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis