Samudera Hati Penuh Makna

  

                                                           Resume                       : 12

Hari dan Tanggal        : Jumat, 28 Agustus 2020

Materi                          : Menulis dengan Cinta  

Pemateri                      : Bp. Alpiyanto

        Bapak  Alpiyanto sebagai narasumber perkuliahan online malam ini, lahir di Kotogadang, 2 Maret 1968. Memiliki MOBILE: 0852 8128 6899, Website: www.alpiyantosamuderahati.com, dan beralamatkan di  Jalan Letnan Arsyad II RT. 006/012 Kayuringin Bekasi Selatan – Jawa Barat. Berstatus menikah dan berpendidikan tahun 1996 di Strata 1 Fak. Tarbiyah, IAIN Raden Fatah – Palembang. Aktivitas beliau sebagai Master Trainer Samudera Hati, Motivator, Terapis, & Penulis buku Best Seller. Dosen Luar Biasa S1 & Pasca Sarjana (S2), Program Studi Ilmu Keperawatan, Fak. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Tahun 2010 -2015. Sebagai konsultan di TK-SD Islam Holistik Berbasis Hati Nurani Miftahul Ulum Bukit Kemuning Lampung, SMPIT AL-AZHAR – Belitang, OKU Timur Sumsel, Cimahi International Islamic School – Jawa Barat, Penggagas dan Pembina Group One Day One Ayat Samudera Hati.

KARYA BUKU (hanya beredar dalam pelatihan/seminar):

1.Rahasia Mudah Mendidik Dengan Hati:     

    Hypnoheart Teaching

2. Rahasia Indahnya Menjual dan Mencari Rezeki  

    dengan Hati

3. Menjadi Juara dan Berkarakter Mulia

4. Aplikasi Pendidikan Karakter Berbasis Hati Nurani

    (dkk)

5. Doa-Doa Yang Terjawab Dan Terapi Kehidupan Yang

    Mendamaikan Jiwa (dkk)

6. Rahasia Menjempu Shalat Khusyu’ Menuju

    Ketenangan Jiwa (dkk)

7. Menjadi Guru Yang Dirindukan Zaman Now.

8. Menjadi Guru dan Orang Tua Yang Dirindukan (dkk)

9. Membumikan Magnet Rezeki (dkk)

10. Rahasia Mudah Menulis PTK & Buku Populer (dkk)

11. Rahasia Mudah Menulis Karya Ilmiah dan Buku

      Populer (dkk)

 

Sementara karya ilmiah yang dipresentasikan di Tingkat Nasional:

1. Pola Pendidikan Kita, Apa yang Salah?

2.Peran Guru Dalam Penbentukan Karakter Peserta Didik    melalui Kearifan Lokal.   


Jika menulis dengan cinta, minimal akan memuat poin-poin:

1.      Pengalaman hidup yang selalu setia

Hampir setiap manusia mempunyai pengalaman hidup. Apakah menyenangkan atau sebaliknya. Pengalaman itu akan membekas dalam ingatan dan memori jangka panjang. Semua itu merupakan refleksi dari sebuah cinta yang bersemayam dalam diri.

2.      Perpaduan dialog batin dan pengalaman

Pengalaman hidup itu merupakan perpaduan antara dialog batin dan realitas kehidupan yang dilalui  dalam mengaktualisasikan potensi diri sebagai ikhtiar menemukan hakekat kehidupan yang sesungguhnya.

3.      Ada nilai-nilai yang diperjuangkan

Dalam ikhtiar menemukan hkekat kehidupan yang sesungguhnya itu, ada nilai-nilai yang diperjuangkan sebagai eksistensi kedirian seseorang sebagai manusia dalam memberikan warna atau kontribusi dalam kehidupan dan dunianya.

4.      Ada pengorbanan

Cinta dan nilai-nilai yang diperjuangkan itu membawa konsekuensi pada pengorbanan, penderitaan, darah bahkan air mata.

5.      Ada harapan

Meskipun pengorbanan  yang begitu berat, tidak membuat seseorang surut ke belakang bahkan terus melangkah dengan penuh keyakinan dan optimisme, karena ada harapan, dan harapan memberikan energi, daya dorong dan motivasi terkuat.

6.      Ada kerelaan

Namun tidak semua harapan jadi kenyataan. Ada yang dapat diraih dan ada kalanya kita harus merelakan, melepaskan, menglkhlaskan dengan hati yang rela dan tulus.

7.      Dikomunikasikan dalam bahasa cinta

Dari pengalaman itu, apapun latar belakang dan profesi kita, perlu dikomunikasikan baik lisan maupun dalam bentuk tulisan. Sebagai bukti bahwa kita pernah hadir di bumi ini dan meninggalkan jejak dari nilai-nilai yang kita perjuangkan untuk generasi berikutnya. Oleh karena itulah menulis itu penting.

 

Sebagai renungan, beliau menyampaikan:

1.       “Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” (Pramoedya Ananta Tour).

2.      “Ketika kamu berbicara, kata-katamu  hanya bergaung ke seberang ruangan atau sepanjang koridor. Tapi ketika kamu menulis kata-katamu bergaung sepanjang zaman” (Bud Gurdner).

3.      “Mulailah dengan menuliskan hal-hal uang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaan sendiri” (JK. Rowling).

 Menulis dengan cinta yang diungkapkan oleh JK. Rowling. Pengalaman hidupnya tidak mudah, banyak pengorbanan, kegagalan, dan penderitaan dalam hidupnya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menulis.  

 

Pelihara cinta dalam menulis, karena energinya dirasakan oleh pembacanya. Menulis dari apa yang kita lakukan, dan dari pengalaman hidup yang kita rasakan (alami). Menulis dengan cinta itu adalah memotivasi, menginspirasi, memberi solusi, dan mengedukaisi (spiritual).

Langkah-langkah menulis dengan cinta:

1.      Pilih pengalaman baik utuh maupun penggalan kita dari pengalaman yang dialami

2.      Buat bagian-bagian dari pengalaman tersebut menjadi daftar isi

3.      Mulailah menulis dari daftar isi tersebut yang dianggap paling mudah

4.       Perkaya tulisan dengan cerita atau kisah inspiratif  yang relevan dengan tulisan

5.      Untuk lebih menarik buat kata-kata motivasi

6.      Di akhir tulisan, buat mutiara hikmah

7.      Disarankan disesuaikan denga profesi untuk memudahkan sasaran pemasaran/marketing.

Pola dan sistematika isi buku adalah:

1.      Judul bab

2.       Kata motivasi dari orang lain

3.      Naskah/tulisan (pengalaman)

4.      Kata motivasi buat sendiri (original)

Misalnya, “Seburuk apapun suatu kejadian, bila dilihat dengan hati dan pikiran positif dengan bersandar kepada Sang Maha Mengatur, maka hasilnya luar biasa” (Alpiyanto).

 

Hikmah kehidupan:

1.      Sikapi setiap persoalan dengan hati yang tenang, ikhlas, dan sabar

2.      Selalu bersandar (tawakhal) kepada Allah dan berprasangka baik kepada-Nya, maka penyebab jalan keluar dari kesempitan yang ada

3.      Yakinlah di balik kejadian ada hikmah yang tersimpan, karena Allah sedang mendidik hamba-Nya untuk bersabar dan memberi kabar gembira

4.      Memberilah, maka menerima. Memberi dengan mendoakan kemudahan dalam bisnis dan keberkahan dalam usaha orang lain, maka akan menerima keberkahan dan keberlimpahan dari-Nya.

Dari hikmah kehidupan tersebut mengandung pendidikan apabila pembaca mengalami hal serupa, sehingga dapat bersikap positif dalam menyikapi sesuatu.

            Selama covid-19, kegiatan di luar daerah dicancel. Beliau buat untuk banyak beribadah di masjid. Setelah sholat, terlintas di benaknya untuk membuka pelatihan on-line “Rahasia Samudera Hati”. Begitu dishare ke teman-teman beliau, sambutannya luar biasa. Yang mendaftar mencapai 90 orang, dengan biaya Rp. 150.000,00 per orang. Belum selesai pelatihan, ada perusahaan yang meminta untuk karyawan-karyawannya. Belum selesai level 1, mereka sudah minta level 2, sampai sekarang tidak putus-putus levelnya. Buat Pak Alpiyan, covid justru membawa berkah. Pendapatannya bisa mencapai dua kali lipat dari yang biasanya. Sekarang mulai membuka lagi pelatihan on-line untuk “Terapi Samudera”, yang saat ini sudah ada yang menunggu level 1.

            Menjawab beberapa pertanyaan yang masuk, diantaranya bagaimana langkah-langkah  menulis buku agar tulisan kita mengena di hati pembaca? Menurut pengalaman beliau, tulislah dari pengalaman kita sendiri, itu akan lebih mudah. Karena setiap orang punya keunikan dan pengalaman yang berbeda. Tulis apa saja seputar kidup kita, sebaiknya yang berhubungan dengan profesi kita. Kemudian mintalah orang lain untuk membacanya dan mengomentarinya.

Sementara jawaban dari pertanyaan untuk menjadi trainer, tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Karena kebiasaan sering berbagi kepada orang lain, kemudian beliau diminta untuk berbagi cerita tentang pengalaman beliau. Yang membuat beliau termotivasi menjadi pembicara, ketika beliau membaca ada seorang orator  tapi dia gagap.

 

Pertanyaan lain tentang contoh konkrit membentuk karakter peserta didik melalui kearifan lokal.  Coba amati di daerah sekitar kita, apakah ada budaya masyarakat setempat yang dengan budaya itu masyarakat terbentuk karakternya. Dari situlah bisa dijadikan tulisan dan bisa dijelaskan bagaimana budaya itu telah terbentuk karakter penduduk atau masyarakat.

 

Jawaban dari pertanyaan tentang ilmu magnet rezeki adalah bagaimana pola pikir tertentu, sikap positif bisa mendatangkan kemudahan dalam rezeki. Intinya adalah bersikap positif thingking, positif feeling, positif motivation. Apabila ketiga sikap itu ada pada diri kita, mudah-mudahan kita mendapatkan rezeki dan keberuntungan.

Bagaimana sikap Bapak saat mengalami kegagalan? Apakah Bapak pernah menggugat Tuhan? Sewaktu kecil sekitar umur 2 tahun, beliau ditinggalkan ayahnya, umur 14 tahun ditinggalkan ibunya. Sempat terpikir menggugat, tapi tidak akan merubah nasib. Akhirnya bertekad untuk belajar sungguh-sungguh. Setelah dewasa baru beliau mengerti, itulah cara Allah menempa umat-Nya. Seperti sekarang beliau menjadi seorang motivator dan menginspirasi banyak orang. Ketika dalam titik terendah, itulah saatnya momentum terbaik untuk melejit yang istilahnya adalah energi titik nihil. Dalam ketidakberdayaan kepada makhluk dan dunia, maka hanya Allah tempat satu-satunya bergantung.

 

Sementara dalam hidup, kita harus belajar untuk ikhlas dan sabar. Tahapan dalam belajar ikhlas dan sabar adalah:

1.      Apapun yang terjadi dalam hidup kita, yakini itu dari Allah. (Lihat QS: At- (64): ayat 3 atau ayat 11). Yakini bahwa kejadian itu pasti diberikan Allah untuk kita. Sikapi dengan positif, dalam istilahnya ridho dengan ketentuan Allah.

2.      Sedangkan ikhlas kita sikapi hanya mengharap ridho Allah. Kemudian sabar mengikuti prosesnya.

 

Bercerita tentang awal mula membuat branding samudera hati, beliau membaca buku “Samudera Al-Fatihah”. Di sinilah beliau tertarik dengan kata ‘samudera’.  Dan ketika ikut pelatihan Quantum Ikhlas, pembahasannya tentang hati. Semakin dihayati karena penasaran, bertemulah branding pada tahun 2006.

Bagaimana cara menjaga spirit menulis dari hati. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga hati, puasa hati atau aktivasi kekuatan hati, dengan cara:

1.      Hindari gosip

2.      Jauhi dengar gosip

3.      Stop mengeluh apapun kondisinya

4.      Jauhi benci dan dendam

5.      Tidak menghakimi

6.      Pastikan makan makanan yang halal

7.      Banyak mendekatkan diri pada Allah

8.      Mencar teman yang juga banyak bicara tetang hati.

Closing statement di perkuliahan malam ini adalah, “Biasakan menulis setiap ada ideyang dialami dalam keseharian kita. Ide-ide yang muncul secara tiba-tiba itu ibarat berlian yang bernilai bila ditindklanjuti dengan menuliskna kembali.Tulis sja apa yang kita rasakan, yang kita alami,  dan carilah orang untuk membimbing hingga menjadi buku. Apabila diperlukan, saya siap menjadi teman diskusi. Selamat menulis dengan cinta”.

 

Menulislah dengan CINTA ....

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis