Pengalaman Seorang Penulis Man Jadda Wajada

Resume Ke-       : 8 
Hari dan tanggal : Rabu, 19 Agustus 2020 
Materi                  : Langkah-Langkah Menulis Buku 
Pemateri              : Bp. Akbar Zainudin 
         

        Seorang penulis buku Man Jadda Wajada, Bapak Akbar Zainudin, saya sapa dengan sebutan Pak Akbar saja, beliau banyak bercerita tentang pengalamannya dalam menulis buku.. 

Langakh-langkah menulis buku adalah TOJTRP: 
1. Tema Yaitu gambaran bidang apa yang akan ditulis. Tema harus ada baik untuk fiksi maupun                  nonfiksi. Tema ini akan menjadi garis benang merah dari tulisan kita, merupakan rel yang mengikat         kita dari awal tulisan hingga akhir. 

2. Outline Yaitu gambaran besar yang akan ditulis, atau biasa disebut daftar isi. Daftar isi akan                    membuat kita menjadikan rel pada tulisan kita. Manfaat outline dibuat untuk: 

     a. agar tulisan terarah, 
     b. bisa dibuat jadwal dan target, 
     c. untuk menghindari ‘ngeblank’ pada saat menulis, 
     d. agar bukunya selesai. 

3. Jadwal Ini rahasianya buku yang ditulis akan selesai atau tidak. Buatlah jadwal. Jadwal merupakan         sebuah perencanaan dari aktivitas. Berapa lama buku akan ditulis, ini perlu dijadwalkan. Jadwal             akan mendisiplinkan kita mengatur waktu. Cara membuat jadwal: 
    a. Buatlah tabel dengan 4 kolom, yang berisi Nomor- Judul Artikel-Target Lama MenulisTanggal-              Keterangan 
    b. Isi nomor 
    c. Isi judul artikel 
    d. Perkirakan berapa lama artikel tersebut akan ditulis 
    e. Buat sesuai dengan tanggal yang ada saat ini 
    f. Isi keterangan dengan apakah sudah selesai ditulis atau belum. 

4. Tuliskan Disiplin menulis sesuai jadwal yang dibuat atau direncanakan. Disiplin diri dan komitmen         yang akan menetukan apakah tulisan kita selesai atau tidak. Tulis dan selesaikan semua judul artikel       terlebih dahulu. Jangan terpaku untuk satu tulisan sampai sempurna 

5. Revisi Revisi setelah selesai semua draf tulisan. Tahap pertama pada revisi yaitu menyelesaikan              semua draf buku. Tahap kedua baru revisi. Revisi ada 4: data dan informasi yang kurang, tata                  bahasa,   gaya tulisan, dan judul-judul artikel. Jangan terpaku hanya satu judul sampai sempurna.            Kalau kurang sedikit tidak apa-apa 

6. Penerbit Serahkan naskah pada peneribt. Aturan penerimaan penerbit berbeda-beda. Hubungi                  penerbit untuk mengetahui syarat-syaratnya. Apa yang menjadi pertimbangan penerbit? Paling                utama    adalah bukunya laku atau tidak. Hal ini menyangkut kebutuhan masyarakat. Semakin besar        kebutuhan masyarakat akan buku kita, maka peluang diterbitkan semakin besar. Karena itu sebagai        penulis harus memahami kebutuhan masyarakat. Hal kedua adalah apa yang bisa membedakan buku       kita dari buku sejenisnya. Kita harus bisa menjawab pertanyaan tersebut. Ketiga pertanyaan dari             penerbit, apa yang Anda lakukan untuk membantu pemasaran buku? Misalnya melalui iklan di               medsos, seminar, pelatihan, diskusi buku, membangun komunitas, dan lain-lain. Bagaimana cara            mengirim naskah ke penerbit? a. Naskah harus sudah jadi b. Diprint, dikirim dengan hard copy dan        soft copy dalam bentuk CD atau flah disk. Kabar naskah diterima atau tidak perlu waktu sekitar 3           bulan. Kalimat akhir materi dari Pak Akbar, “Menulis adalah tentang bagaimana membuat hidup             kita    lebih hidup. Menulis adalah tentang bagaimana membangunkan semua potensi dalam diri              secara maksimal”. Niatkan dan bangun komitmen bahwa kita akan mulai menulis. Tantangan                 terbesar adalah dari diri kita sendiri. Semakin kita bisa mengalahkan diri kita, semakin cepat kita          menulis. 


 
Salam Literasi....

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CLBK Kembali Beraksi

September Ceria Bikin Baper

Move, Semangat dalam Menulis